Bangkit Fest dan Pekan Bung Karno Bersama Bakesbangpol Jawa Barat

Share On Your Social Media

JAKATARUB turut menghadiri Bangkit Fest dan Pekan Bung Karno 2023 yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Barat pada Kamis (01/06/2023) di Aula Barat, Gedung Sate Bandung.
Bangkit Fest dan Pekan Bung Karno bertujuan mempromosikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar filosofi negara Indonesia. Kegiatan ini diikuti para aparatur pemerintahan provinsi Jawa Barat serta perwakilan dari berbagai organisasi masyarakat sipil.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dalam sambutannya menyoroti relevansi lima prinsip Pancasila dalam memandu bangsa ini menuju kemajuan dan keharmonisan di masa kini.

“Pancasila sudah final sebagai dasar negara, hukum serta menjadi sumber inspirasi. Jadi tidak relevan jika ada yang ingin melemahkan Pancasila. Pancasila sebagai perekat agama budaya dan yang lainnya. Pancasila sebagai ideologi, tidak perlu dibenturkan dengan agama dan tidak ada nilai yang bertentangan dengan agama. Sehingga mari kita jadikan Pancasila sebagai pedoman,” ungkap Uu.

Sementara itu Dr. Bedi Budiman, S.IP., M.Si., perwakilan DPRD Jawa Barat menyampaikan bahwa perhelatan Bulan Juni baik diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mendorong penghayatan Pancasia. “Pancasila menjadi perekat kita yang multietnis berbeda agama, budaya, dan beragam. Sehingga perlu menjaga toleransi dan keberagaman ini melalui Pancasila,” papar Bedi.

Event Bangkit Fest dan Pekan Bung Karno ini diikuti peserta dari Jawa Barat juga dari beberapa daerah lain seperti dari Palembang dan Bali. Kegiatan diisi dengan sejumlah lomba diantaranya: Rica-Rica (Reels Pancasila Tercinta), Lato-lato (Pancasila Dalam Foto), Piano (Pidato Ala Bung Karno) dan Fantasi (Fashion Ala Bung Karno Dengan Penuh Kreasi).

Sebagai penyelenggara kegiatan, kepala Bakesbangpol Jawa Barat, Iip Hidayat, menekankan kegiatan ini adalah platform partisipasi masyarakat, dalam mengekspresikan rasa nasionalisme dan kecintaan pada tanah air. Melalui perlombaan dan kreativitas yang bermanfaat ini, diharapkan muncul komitmen bersama untuk terus mempromosikan nilai-nilai Pancasila.

Penulis : M.Daffa

Editor : Risdo Simangunsong


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *