Keberagaman Demi Masa Depan: Dari PAGUNEMAN untuk Kota Bandung

Share On Your Social Media

Pemerintah Kota Bandung yang dimotori Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakespangpol) tengah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Tata Kelola Keragaman Kehidupan Bermasyarakat. Selain pihak pemerintah kota dan sejumlah forum yang dibentuk pemerintah, penyusunan Raperda tersebut juga melibatkan berbagai pihak seperti Majelis Luhur Kepercayaan terhadap Tuhan YME, LSM/NGO yang bergerak di isu kerukunan, dsb.

JAKATARUB merupakan salah satu stakeholder yang dilibatkan secara aktif dalam penyusunan tersebut. Apalagi, sejak 2020 PSPP Nawang Wulan dan JAKATARUB yang didukung oleh Search for Common Ground Indonesia menginisiasi program Pemuka Agama untuk Toleransi dan Keberagaman (PAGUNEMAN). Program tersebut mempertemukan para pemuka agama dalam dialog yang mendorong advokasi kebebasan beragama dan berkeyakinan di Bandung Raya. FKUB Kota Bandung juga ikut terlibat di dalamnya, serta menjalin kerjasama erat dengan Kesbangpol Kota Bandung.

Penyusunan Raperda Keberagaman Kehidupan Bermasyarakat Bandung tersebut mengedepankan keterbukaan akan aspirasi masyarakat. Bakesbangpol Kota Bandung membuka pintu dialog bagi semua pihak untuk memberi masukan dibukakan dengan lapang. Maka PAGUNEMAN pada salah satu agendanya menginisiasi pertemuan para pemuka agama dan kepercayaan se-Bandung Raya untuk meninjau Raperda dan menghasilkan catatan berupa masukan dan kritik dengan tujuan memperkaya dan memperjelas isi Raperda dalam perspektif berbagai pemuka agama dan kepercayaan.

Usulan-usulan tersebut terkumpul dalam cetakan buku yang diberi judul “Keberagaman Demi Masa Depan Bandung – Pokok Pokok Usulan Pemuka Agama Bandung untuk Keragaman/Kemajemukan/Kebhinekaan Kehidupan Bermasyarakat.” Sejumlah aspirasi dan catatan untuk beberapa pasal termuat di dalamnya.

Pokok-pokok usulan tersebut juga diserahkan kepada Bakesbangpol Kota Bandung melalui Apep Insan Parid, selaku Kepala Bidang Ketahanan, Ekonomi, Sosial Budaya, Agama dan Organisasi Kemasyarakatan di Bakesbangpol Kota Bandung. Penyerahannya dilaksanakan pada hari Kamis (20/7/23) di Kantor Kesbangpol Kota Bandung dihadiri PSPP Nawang Wulan/JAKATARUB, beserta perwakilan PAGUNEMAN yang merupakan tim penulis, tim finalisasi dan tim penyunting.

Dalam sera-terima tersebut Apep berterimakasih atas kerja keras JAKATARUB dan rekan-rekan di PAGUNEMAN. Ia berharap usulan-usulan ini semakin mematangkan Raperda yang rencananya akan segera diserahkan ke DPRD tersebut.

Penulis : Risda

Editor : Risdo Simangunsong


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *