Menutup September Ceria dengan Konser “Marturia”

Share On Your Social Media

Ada cukup banyak konser musik yang digelar di Bandung selama September 2023. Suasana konsernya pun macam-macam, ada yang jedag-jedug di lapangan, berdesakan di pusat perbelanjaan, sampai duduk manis di bangku gereja. Khusus yang terakhir, beberapa pengurus JAKATARUB dan teman-teman mahasantri Ma’had Aly Kebon Jambu yang sedang menjalani program SPS, sempat hadir menyaksikan.

Jika pada kegiatan-kegiatan lintas iman sebelumnya, kita sering membahas konsep atau ritual keagamaan yang dibagikan oleh pemuka agama atau penganutnya. Kali ini, kita mengeksplorasi keragaman pengalaman dan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari yang dituangkan lewat pertunjukan musik.

Konser bertajuk “Marturia: A Christ-centered Worship” merupakan persembahan dari tim Orkestra GKI Kebonjati, Exultate Deo Sinfonietta (EDS). Dilaksanakan hari Sabtu (30/09/2023), konser tersebut menutup rangkaian program Bulan Keluarga di GKI Kebonjati. Musik yang dipentaskan merupakan lagu-lagu kidung Kristiani yang diorkestrasi dan diaransemen kembali oleh beberapa orang muda anggota EDS. Meski ini konser musik gereja, para pesertanya tidak hanya jemaat GKI Kebonjati, masyarakat umum dari ragam latar belakang usia juga turut mengisi bangku gereja, menghabiskan malam minggu bersama.

Pada jeda setiap penampilan, ada penayangan video perkenalan singkat tentang makna musik yang diaransemen. Masing-masing penata musik berbagi pengalaman hidup dan kesaksian iman yang memaknai penyertaan Tuhan dalam keseharian. Ekspresi tersebut kemudian disalurkan lewat partitur dan instrumen musik orkestra.

Musik memang bahasa universal. Ada momen yang sulit digambarkan lewat kata-kata, saat kita menikmati lantunannya. Bagi pegiat lintas iman di JAKATARUB dan rekan-rekan mahasantri Ma’had Aly, pengalaman konser ini punya kesan tersendiri. Kendati bertajuk musik kristiani, spiritualitas yang disajikan, terkait pujian pada Yang Ilahi, serta kasih pada sesama, juga dapat dirasakan oleh orang dari ragam spiritualitas yang berbeda.

Penulis : Clara Felicia

Editor : Risdo Simangunsong


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *