Icip-icip Moderasi Beragama bersama Wawan Gunawan

Share On Your Social Media

Instruktur Nasional Moderasi Beragama Kemenag RI dan juga pembina JAKATARUB, Wawan Gunawan menggagas kegiatan pelatihan moderasi beragama dengan tema “Icip-Icip Moderasi Beragama bersama Wawan Gunawan”, yang dilaksanakan di pada Sabtu (18/11/2023), di Hotel California Bandung. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kemenag RI, JAKATARUB dan Pusat Studi dan Pengembangan Perdamaian (PSPP) Nawang Wulan.

Peserta pelatihan moderasi beragama kali ini menyasar mahasiswa dan guru serta dosen muda yang terlibat aktif sebagai tenaga pendidikan kegamaan Islam di kampus atau sekolah yang di luar lingkup Kementerian Agama. Pelatihan diikuti 25 peserta dari sejumlah sekolah negeri dan swasta serta kampus-kampus di Bandung.

Selain dihadiri peserta yang merupakan mahasiswa, dosen dan guru beragama Islam, pelatihan ini juga sengaja mengundang peserta tamu dari rekan Protestan, Katolik, Baha’i dan Hindu.

Pelatihan ini sifatnya ringkasan dari keseluruhan modul pembelajaran moderasi beragama. Bahasan utama materi seputar moderasi beragama dimulai dari mulai udar asumsi, analisis data, Senario Thinking, Proses U dan membangun Gerakan dengan Kepeloporan.

Wawan Gunawan selaku Instruktur Nasional Moderasi Beragama Kemenag RI mengatakan, pelatihan moderasi beragama bukan hanya sekedar definisi atau pengetahuan kognitif, namun menyangkut beberapa aspek yang perlu dipelajari lebih dalam. Oleh karena itu, moderasi beragama menurutnya merupakan cara pandang baru kehidupan keberagamaan manusia Indonesia.

Harapannya, peserta yang mengikuti moderasi beragama yang merupakan para penggiat di dunia pendidikan memiliki common sense terhadap isu-isu terkini seputar intoleransi yang terjadi khususnya di Bandung Raya.


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *