Cafe Humanity Hadir di Kota Cimahi

Share On Your Social Media

Masih dalam rangkaian Festival Bandung Lautan Damai (BALAD) 2023. Pada hari Minggu (26/11/23) diselenggarakan Cafe Humanity yang bertempat di Yayasan Nurul Aulia Kota Cimahi.

Kegiatan Cafe Humanity BALAD ini dihadiri oleh perwakilan dari komunitas seperti Gradasi Cimahi, IPPNU dan IPNU Kota Cimahi, JAI, Samahitha, Masyarakat Baha’i, Mahasiswa STIEKOM, ISBI dan UNPAD.

Cafe Humanity merupakan acara yang mirip saudaranya Cafe Religi. Namun, dalam Cafe Humanity isu yang dibahas lebih luas. Dalam kesempatan kali ini, isu yang dibahas yaitu isu Disabilitas, Isu Gender Seksualitas, dan Isu Lintas Iman.

Peserta dibagi kedalam tiga kelompok dan masing-masing kelompok mengunjungi ketiga pos isu tersebut. Masing-masing kelompok memiliki waktu untuk bertanya dan mendalami isu selama 30 menit.

Dalam pos isu Disabilitas yang bertempat di dalam sebuah kelas, peserta banyak bertanya tentang bagaimana penerimaan masyarakat terhadap kaum disabilitas selama ini khususnya di Kota Cimahi.

Perwakilan kaum disabilitas Ai dari WHDI Cimahi memaparkan bahwa dalam masyarakat kaum disabilitas memang masih belum diterima dengan baik, namun menurutnya hal tersebut dapat disebabkan karena masyarakat bingung mengenai pendekatan terhadap disabilitas harus seperti apa. Dirinya juga mengungkapkan, jika dalam ranah aksesibilitas untuk disabilitas khususnya di Kota Cimahi sejauh ini mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Dalam pos Gender dan Ragam Seksualitas, banyak dibahas soal isu kesetaraan gender dan orientasi seksual secara lebih spesifik membahas tentang perbedaan gender dan sex.

Pos Lintas Iman, turut membahas mengenai gerakan-gerakan lintas iman yang dilakukan oleh Jakatarub dan jaringan komunitas lainnya di Bandung Raya. Dalam diskusi ini juga turut membahas mengenai peran orang muda dalam isu lintas iman dan toleransi di Bandung Raya.

Kegiatan Cafe Humanity ditutup dengan penampilan Stand Up komedi oleh seorang guru SMA, foto bersama dan makan siang.

Acara kegiatan BALAD masih akan terus berlanjut sampai dengan 10 Desember 2023. Bagi teman-teman yang belum ikut, masih ada kesempatan untuk ikut di acara-acara BALAD lainnya. Nantikan terus informasinya di Instagram BALAD.


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *