Film Dokumenter: Bersaudara Dalam Perbedaan

Share On Your Social Media

Sepanjang tahun ini Tim Media JAKATARUB telah mengerjakan proyek kolaborasi dengan Bandung Bergerak dalam liputan bertema inklusi sosial di Bandung Raya. Kegiatan ini juga turut didukung oleh Pusat Studi dan Pengembangan Perdamaian (PSPP) Nawang Wulan.

Film dokumenter dengan judul Bersaudara Dalam Perbedaan merupakan salah satu hasil kolaborasi tersebut. Film dokumenter ini tayang perdana pada acara penutupan Bandung Lautan Damai (BALAD) 2023 (10/12/23) di Kanaya Food Court Kota Bandung.

Film menggambarkan tentang semangat orang-orang muda di Bandung Raya yang turut serta dalam praktik baik untuk menyuarakan isu-isu kemanusiaan di Bandung Raya melalui berbagai pendekatan.

Gerakan orang muda di Bandung Timur melalui kesenian Reak Dog Dog berhasil menyita perhatian publik, pesan-pesan yang disampaikan dalam kesenian Reak yang berkaitan dengan moralitas ini terus dikampanyekan sampai ke cafe-cafe.

Dari Bandung Selatan, komunitas orang muda Katolik turut berperan dalam menciptakan kerukunan umat beragama, ditengah pelanggaran-pelanggaran kebebasan beragama berkeyakinan yang marak terjadi di Kabupaten Bandung.

Sementara itu dari Kampung Cibedug, Kabupaten Bandung Barat juga menyuguhkan pesan-pesan perdamaian melalui Desa Sadar Kerukunan yang memotret praktik toleransi yang telah terjadi secara kultural dari generasi ke generasi antara umat Penghayat Kepercayaan dan umat Islam.

Dari Kota Bandung, kelompok ragam disabilitas mampu menciptakan hal yang luar biasa dengan karya-karya seninya.

Potret dalam Video dokumenter tersebut menggambarkan bahwa gerakan orang muda di Bandung Raya tidak surut, Gerakan orang muda untuk terus menyuarakan isu-isu kemanusiaan terus di gemuruhkan dari sudut-sudut daerah.

Bersaudara Dalam Perbedaan dapat disaksikan di channel youtube Bandung Bergerak (link: https://www.youtube.com/watch?v=pZqk2Xlw6hI&t=30s
). Film ini dipersembahkan untuk Bandung Lautan Damai 2023. Dari Bandung, perdamaian untuk Indonesia.


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *