Nge-Villa: Penguatan Kapasitas Pengurus JAKATARUB

Share On Your Social Media

Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB) menyelenggarakan kegiatan Nge-Villa pada Jumat-Minggu (9-11/08/2024) di Villa Saltig Lembang Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini merupakan peningkatan kapasitas pengurus dan bonding antar pengurus di semesta JAKATARUB. Pertemuan tersebut juga membahas mengenai program keberlanjutan serta persiapan festival Bandung Lautan Damai (BALAD) ke 12. Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus PSPP Nawang Wulan, Pembina dan Pengurus JAKATARUB, dan komunitas semesta JAKATARUB dengan jumlah peserta sekitar 25 orang. 

Pada hari pertama, pengurus dibagi kedalam tiga kelompok diskusi, kelompok pertama membahas mengenai asal usul komunitas JAKATARUB yang disampaikan oleh pembina Jakatarub seperti Wawan Gunawan, Robert dari Katolik dan Ayi dari Penghayat Kepercayaan. Kelompok kedua mengenai pengelolaan jaringan dan resource, yang disampaikan oleh Arfi dan Anes. Sementara kelompok ketiga membahas mengenai prinsip dan kode etik komunitas yang disampaikan oleh Risdo.

Pada hari kedua, para pengurus dibekali dengan hal yang lebih teknis, seperti fasilitasi isu, pengelolaan media dan perancangan proposal. Dalam sesi ini turut didampingi oleh Yunita, Firman Priatno dan Kharisma Prima. Hari ketiga, para pengurus JAKATARUB menyelenggarakan rapat program serta persiapan BALAD 2024.

Pertemuan ini merupakan salah satu visi Pusat Studi dan Pengembangan Perdamain Nawang Wulan, sebagai lembaga yang mensupport komunitas JAKATARUB. Sinergi ini merupakan sebuah entitas yang saling membutuhkan satu sama lain, khususnya dalam mengkampanyekan toleransi dan perdamaian di Bandung Raya.


Share On Your Social Media
Yohanes Irmawandi
Yohanes Irmawandi
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *