Pesta Rakyat BALAD 2022 Berlangsung Meriah

Share On Your Social Media

Festival Bandung Lautan Damai (BALAD) 2022 resmi dimulai. Pesta Rakyat, acara perdana BALAD dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 November 2022 di Gedung PBAG Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR).

Pesta Rakyat BALAD tahun 2022 mengusung tema “Bandung Baik, Bandung Inklusif.”
Sejalan dengan tema tersebut, Pesta Rakyat melibatkan berbagai komunitas lintas iman, lembaga keagamaan, kelompok disabilitas bersama pemerintah kota Bandung.

Acara dibuka bersama oleh Kepala Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kota Bandung, Aswin Sulaeman, Rektor UNPAR, Mangadar Situmorang, Koordinator JAKATARUB, Ardi Pandu Dinata dan Ketua Panitia BALAD 2022, Fikri Gusti Adenansyah.

Pesta Rakyat menjadi panggung bersama sekaligus wadah silaturahmi pegiat isu keberagaman. Oleh karenanya talen-talen acara pun dari berbagai unsur.

Doa pembukaan Pesta Rakyat dibawakan oleh Yosellin Nathania seorang difabel dari GKI Kebon Jati. Ada pula rajah, bentuk ucapan syukur tradisional Sunda dari Muda Mudi Penghayat Kepercayaan.

Selain mereka, Pesta Rakyat juga dimeriahkan oleh Vokal Grup pelajar dari MAN 1 Bandung, SMA Trinitas, Taruna Budi Daya, dan Komunitas Sahabat Lintas Iman. Ada pula penampilan musik jazz dari Brass-A Community, dan Tari Rejang Kahyangan Jagat dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jawa Barat.

Bukan hanya penampilan talent lintas iman saja, Pesta Rakyat juga mengadakan talkshow pengantar satu dekade Bandung Lautan Damai yang di moderatori oleh Risdo Simangunsong dari PSPP Nawang Wulan dengan menghadirkan narasumber Ikhsan Yosarie (SETARA Institute), Pdt. Obertina Johannis (PERUATI) dan Nurhayati Syafi’e (IofC)

Fikri, Ketua Panitia Pelaksana menyebut ada tiga momen HAM yang dirangkai dalam acara besar BALAD 2022 yaitu perayaan Hari Toleransi Internasional (16 November), peringatan 16 Hari Tanpa Kekerasan Pada Perempuan (25 November – 10 Desember), dan Hari HAM Sedunia (10 Desember).

“BALAD tahun ini ada delapan rangkaian kegiatan yang kami lakukan untuk mempromosikan toleransi dan perdamaian di Bandung Raya. Rangkaian itu dimulai pada dibuka dengan acara pesta rakyat yang dilanjutkan dengan acara selanjutnya sampai bulan Desember,” tutur Fikri.

Ikhsan dari SETARA Institute, memaparkan bahwa dulu BALAD hanya sebagai oase namun sekarang sudah bertransformasi menjadi lokomotif dalam gerakan toleransi. “Tidak hanya di bandung raya saya pikir, juga harus meluas ke tingkat provinsi dan juga nasional,” ungkapnya

Acara Festival Bandung Lautan Damai kedua akan dilaksanakan Jelajah Jalur Bhinneka (JJB) pada Sabtu, 19 November 2022. Informasi lebih lanjut dapat cek langsung di instagram BALAD dengan klik link berikut https://www.instagram.com/p/CkvJW1pB5sG/

Mari ramaikan Festival Bandung Lautan Damai (BALAD) 2022!

Editor : Risdo Simangunsong


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *