JAKATARUB Ikut Belajar RSD

Share On Your Social Media

Tim JAKATARUB turut serta dalam training Reflective Structured Dialog (RSD) untuk kaum muda dari Sulawesi Tengah dan Jawa Barat yang diselenggarakan oleh The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia. Pelatihan ini berlangsung pada 19-21 Desember 2022 lalu Hotel Asyana, Jakarta.

AMAN Indonesia mengusung konsep RSD sebagai salah satu pendekatan dalam upaya besar resolusi konflik. Dalam RSD, dialog dirinci menjadi ruang yang aman, nyaman dan setara. Para peserta dialog diterima serta bebas mengungkapkan perspektifnya masing-masing. 

Dialog RSD memiliki tiga elemen kunci yaitu kesepakatan komunikasi, refleksi dan terstruktur. RSD lebih menggali pengalaman personal, sehingga para peserta tidak sekedar disemati label kelompok yang diwakilinya. Dialog ini juga dibuat secara terstruktur agar masing-masing mampu berefleksi atas pengalamannya dan menyampaikan pendapatnya tanpa rasa takut. RSD dikemas dengan kesepakatan komunikasi dimana nilai dan prinsip tertentu diaplikasikan agar prosesnya berjalan positif dan memunculkan rasa saling memahami.

Direktur Utama AMAN Indonesia, Dwi Rubiyanti Kholifah mengatakan RSD menjadi salah satu sarana yang cukup efektif dalam resolusi konflik. Hal ini juga terbukti secara empiris di sejumlah upaya dialogis dalam penyelesaian konflik di Nigeria, Sudan, Bosnia, Irlandia Utara, Kenya dan banyak wilayah lain.

RSD itu salah satu tools yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan konflik. Dan, tidak menutup kemungkinan bahwa RSD yang dilakukan secara jangka panjang dan rutin, bisa menyelesaikan konflik,” tuturnya

Tim JAKATARUB yang menaruh perhatian besar dalam isu toleransi dan perdamaian di Jawa Barat mengirimkan perwakilan empat orang pengurus dalam pelatihan ini, yaitu Venus, Yohanes, Ami dan Gilang. 

Pasca pelatihan RSD, Venus mengungkapkan bahwa pelatihan RSD ini, meski terbilang sangat serius, memberi banyak insight baru untuk dialog perdamaian

“Aku sangat senang, karena ini hal yang baru aku lakuin, dari teori-teori nya juga baru,” tutur Venus. “Di training RSD ini semua peserta memiliki kesempatan yang sama untuk bicara, menyampaikan aspirasinya, juga memberi banyak contoh bagaimana memulai dialog yang reflektif namun nyaman bagi peserta dengan segala perbedaannya.

Program pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan Indonesia Berdialog dari AMAN Indonesia. Upaya AMAN dalam mempopulerkan pendekatan RSD ini, terutama pada kaum muda dan kelompok perempuan, diharapkan mampu membuka inisiasi dialog antar kelompok yang selama ini berbeda dan mengalami permusuhan.


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *