Refleksi Liputan BALAD 23 Eps#2: Gerakan Kebaikan Di Tengah Sulitnya Mendapatkan Izin Mendirikan Rumah Ibadah

Share On Your Social Media

Keberagaman masih menjadi isu krusial di Bandung Selatan karena kerap terjadi peristiwa intoleransi. Salah satu peristiwa tersebut berkaitan dengan sulitnya kelompok agama minoritas untuk mendapatkan izin mendirikan tempat ibadah. 

Meski menyimpan banyak persoalan, namun inisiatif-inisiatif baik terus dikerjakan oleh anak-anak muda dari kelompok rentan tersebut. Contohnya seperti layanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang dilakukan oleh Gereja St. Fransiskus Xaverius Dayeuhkolot. Di bulan puasa, orang-orang muda ikut membagikan takjil kepada masyarakat, kemudian disaat Agustusan, orang-orang muda gereja juga terlibat dalam kepanitiaan. 

Lewat kerja-kerja baik, akan terjadi hubungan yang akrab dan saling menghargai. Mulai dari yang sederhana, seperti penyediaan lahan parkir bagi umat yang hendak beribadah. Sehingga terjadi partisipasi dan interaksi aktif. 

Paroki Santo Martinus, anak-anak muda berkontribusi dalam kampanye toleransi, seperti membuat kegiatan olahraga bersama orang-orang muda sekitar pemukiman gereja dan kerja bakti sosial membersihkan lingkungan.

Penghayat kepercayaan Aliran Kebatinan Perjalanan (AKP) Ciparay Kabupaten Bandung sering mengadakan kegiatan bersama dengan warga sekitar Pasewakan. Mulai dari kerja bakti sampai berdiskusi bersama sekolah-sekolah formal. 

Menurut Sintia salah satu Penyuluh pendidikan Kepercayaan menyatakan bahwa intoleransi lahir dari kurang nya pemahaman. Oleh karena itu ruang perjumpaan harus terus dilakukan agar dapat saling mengenal dan memahami. 

Peristiwa-peristiwa intoleransi yang terjadi bertahun-tahun di Kabupaten Bandung harus menjadi perhatian bersama setiap pemangku kepentingan baik itu pemerintah, organisasi masyarakat sipil dan stakeholder lainnya. 

Pemahaman-pemahaman akan hak asasi manusia perlu disosialisasikan lebih lanjut lagi melalui berbagai pendekatan dan kolaborasi antar lembaga. 

Referensi : Bandung B, Jakatarub. 2023. Bersaudara Dalam Perbedaan. Sehimpun Reportase yang terbit sebagai bagian dari kerja sama Bandung Bergerak.id bersama Jakatarub dalam kampanye Bandung Lautan Damai 2023.


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *