Training of Trainers: Peran Orang Muda dalam Kebebasan Sipil

Share On Your Social Media

Iteung Menggugat bersama JAKATARUB  mengikuti kegiatan Training of Trainers (ToT) mengenai Penguatan Peran Komunitas dan Orang Muda dalam Perluasan Ruang Kebebasan Sipil yang diselenggarakan bersama Imparsial. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat-Sabtu (22-23/03/2024)di Guest House Universitas Parahyangan, Bandung. 

Berangkat dari melihat fenomena demokrasi di Indonesia selama 22 tahun sejak era reformasi,  Imparsial bersama Koalisi Kebebasan Berserikat (KBB) dalam program PRINSIP Indonesia (Memperkuat Perlindungan Ruang Sipil dan Peran Masyarakat Sipil dalam Kepemimpinan Indonesia Baru) mengajak beragam komunitas orang muda dari wilayah Bandung, Cimahi dan Cianjur untuk ikut serta menjadi partisipan aktif dalam kegiatan ini. 

Selama dua hari, para peserta diberikan materi sambil berdiskusi mengenai Ruang Kebebasan Sipil, Peran Orang Muda dalam Pengambilan Kebijakan dan Teknik Komunikasi Secara Efektif. Wakil direktur Imparsial, Ardi Manto Adiputra bersama Presidium Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Jawa Barat Diana Handayani, serta Pdt. Obertina Johanis menjadi pemateri dalam tiga sesi pelatihan.

Selain lewat paparan, peserta juga mencoba role-play dan praktik speech model TED Talk. Pelatihan ini turut difasilitasi oleh Pimpinan Redaksu Kutub.id, Siti Latipah dan Presidium JAKATARUB, Risdo Simangunsong. Para peserta kemudian juga mengikuti talkshow bersama organisasi kaum muda di Bandung Raya.

Dalam sambutannya, Ardi Manto Adiputra menyebutkan kegiatan ini merupakan lanjutan dari assessment dan FGD yang sebelumnya telah dilakukan di tiga kota di Jawa Barat.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan mengenai ruang kebebasan sipil dan partisipasi orang muda, menjadikan peserta sebagai kader penggerak dalam menyampaikan pengetahuan yang didapat kepada organisasi/komunitasnya dan wadah untuk saling berjejaring,” ujar Ardi.

Sebagai lanjutan dari kegiatan ini akan diselenggarakan diskusi publik, pertemuan multistakeholder, advokasi serta exhibition peran kaum muda dalam kebebasan publik.

Kontributor : Aulia

Editor : Risdo Simangunsong


Share On Your Social Media
adminjakatarub
adminjakatarub
Articles: 148

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *