Eco Camp: Perjumpaan Komunitas Anak Muda se- Bandung Raya

Share On Your Social Media

Sabtu (27/04/2024), Eco Camp Bandung mengundang komunitas-komunitas di Bandung Raya termasuk JAKATARUB dalam acara Temu Komunitas yang mengambil tema Tumbuhkan Generasi Muda Bandung: Mulailah Beraksi, Ciptakan Dampak Positif! Acara tersebut diselenggarakan di Eco Camp Dago, Jl Pakar Barat No 3, Bandung.

Komunitas dan gerakan anak muda yang hadir berasal dari berbagai latar belakang, baik isu lingkungan, sosial, pendidikan keberagaman, lembaga keagamaan maupun beberapa gerakan serta komunitas lainnya. Mereka dipertemukan membahas permasalahan serta perkembangan komunitas kaum muda yang bergerak untuk memajukan kota.

Acara diawali dengan pembukaan dan Noble Silent yaitu aktivitas berdiamnya tubuh, mulut dan pikiran. Kegiatan ini dilakukan di luar ruangan dengan suasana alam yang segar. Momen yang membuat para peserta merasakan relaksasi dan ketenangan sejenak sembari disuguhi secangkir teh hangat. Noble Silent memang merupakan keunikan dari tiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Eco Camp.

Masing-masing perwakilan komunitas memperkenalkan diri dan komunitas beserta isu yang digelutinya. Perkenalan JAKATARUB yang diwakili oleh Jocaste yang menekankan bahwa komunitas ini berfokus sebagai ruang perjumpaan keberagaman dan advokasi kebebasan beragama dan berkeyakinan. Rm. Ferry Sutrisna Widjaja kemudian memberi sambutan serta sedikit penjelasan sejarah dan pengenalan Eco Camp.

Selepas perkenalan dan sambutan peserta dibagi ke dalam empat kelompok diskusi. Dengan empat tema pembahasan yang berkaitan dengan seberapa jauh peran komunitas anak muda untuk Bandung Raya, apa saja masalah-masalah yang berada di Bandung Raya yang bisa dibenahi anak muda, apa potensi dan kolaborasi seperti apa yang bisa dilakukan anak muda, serta apa saja dukungan, wadah serta program yang dapat membantu anak muda dalam mewujudkan perubahan yang berarti.

Hasil dari pembahasan itu dipresentasikan kepada semua peserta dan ditutup sedikit penjelasan mengenai program yang dilakukan oleh Eco Camp serta motivasi yang dapat membangun semangat jiwa anak muda dalam terus berkembang dan menciptakan perubahan nyata.

Adanya dorongan untuk kolaborasi dan mencapai tujuan yang sama menjadikan acara pertemuan ini berkesan. Ragam komunitas anak muda diberi semangat untuk terus berjuang bersama membangun Bandung Raya yang lebih maju dan berdampak.


Share On Your Social Media
Jo Caste
Jo Caste
Articles: 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *